Senin, 17 Desember 2012

Bahasa Mesin & Sintaks


Bahasa mesin adalah bentuk terendah pada komputer. Kita dapat berhubungan langsung dengan bagian-bagian yang ada didalam komputer seperti bit, register dan sangat primitif. Bahasa mesin tidak lebih dari urutan bit-bit 0 dan 1.
Bagaimana dengan orang yang tidak mengerti bahasa mesin?
Bahasa mesin adalah jenis mesin komputer yang digunakan. Bagaimana jika jenis komputer mengalami perubahan?

Oleh karena itu manusia berusaha menciptakan suatu bahasa yang dapat dimengerti baik oleh manusia maupun oleh komputer, yang disebut dengan bahasa tingkat tinggi. Dari bahasa tingkat tinggi ke bahasa mesin dibutuhkan sesuatu untuk menterjemahkan agar mesin (komputer) mengerti apa yang diinginkan oleh manusia, yaitu :

  1. Interpreter
  2. Compiler
Contoh : Cobol, Pascal, Fortran, dll


Untuk membuat penterjemah seperti compiler perlu dibuat standar atau tata bahasa atau aturan, seperti manusia berkomunikasi mempunyai tata bahasa agar lawan bicara dapat mengerti yang dibicarakan. Demikian juga untuk menterjemahkan kedalam bahasa mesin (komputer) harus dibuat suatu aturan agar komputer mengerti apa yang diinginkan oleh manusia melalui program yang dibuatnya.

Sintaks

Sintaks merupakan kumpulan aturan yang mendefinisikan suatu bentuk bahasa. Sintaks mendefinisikan bagaimana suatu kata dikombinasikan menjadi suatu statement yang benar sehingga dapat disusun suatu program yang dapat berjalan dengan benar.

Sintaks dari bahasa pemrograman didefinisikan dengan dua kumpulan aturan, yaitu :

  • Aturan Lexical /Lexical Analysis (Scanner)
  • Aturan Sintaksis / Syntax Analyzer (Parser)

Konsep dan Notasi Bahasa

  • Alfabet : himpunan hingga yang tidak kosong (hampa) dari symbol. Symbol anggota dari alfabet dinamakan huruf atau karakter atau token.
Contoh : ∑1 = {a, b, c, .., z}               ∑2 = {α, β, γ, δ}
Contoh alfabet pada Basic : 26 huruf besar, 26 huruf kecil, 10 angka, dan symbol khusus seperti : ‘(‘, ‘)’, ‘.’, ‘+’ dsb

  • Bahasa : merupakan himpunan hingga ataupun tak hingga dari kalimat atau kumpulan kalimat.
  • Tata Bahasa atau Grammar : sekumpulan dari himpunan variabel-variabel, symbol-symbol terminal, symbol non terminal, symbol awal yang dibatasi oleh aturan-aturan produksi.

  • Tahun 1956 – 1959 Noam Chomsky melakukan penggolongan tingkatan dalam bahasa, yaitu menjadi 4 class yang disebut dengan hirarki Chomsky.

  • Tahun 1959 Backus memperkenalkan notasi formal baru untuk sintaks bahasa yang lebih spesifik

  • Peter Naur (1960) merevisi metode dari sintaks yang sekarang dikenal dengan BNF(Backus Nour Form)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar