LOGIKA
PROGRAM
Ø Identification
division digunakan untuk mengidentivikasi program atau menunjukan informasi
mengenai program yang dibuat.
Ø Program-ID.
Tabel1 menunjukan nama program yang dibuat, yaitu Tabel1.
Ø Environment
Division memberikan informasi tentang
peralatan yang akan digunakan dalam program cobol.
Ø Data
Division menunjukan bentuk dan jenis data pada program.
Ø Working
storage section merupakan pemesanan tempat untuk data proses dan juga output.
Ø 77
N PIC 99 . meksudnya : angka 77 menunjukan bahwa data yang dibuat akan berdiri
sendiri , ketika ditambahkan dengan PIC 99 maka data output yang akan keluar
berupa numeric.
Ø 01
Tabel-Nilai-Siswa itu menunjukan nama divisi dari program yang dibuat.
Ø 02
Nilai-Siswa menunjukan sub divisi dari program, PIC 999 menunjukan bahwa jumlah
integer yang bisa dimasukkan hanya bisa sampai batas 999 saja, kemudian OCCURS
itu merupakan batas perulangan. Pada program ini tertulis OCCURS 10 Times,
berarti batas perulangannya adalah 10 kali, setelah 10 kali memasukan nilainya
maka program akan menunjukan outputnya. Jika belum sampai 10 kali maka program
akan terus meminta memasukkan nilainya.
Ø SCREEN
SECTION digunakan untuk menghapus layar,
Sub sivisinya berupa BLANK SCREEN , maka layar akan dibersihkan secara total ,
atau kembali menjadi layar kosong.
Ø PROCEDURE
DIVISION, merupakan inti dari pemprograman bahasa cobol. Pada program ini
tertulis PROGRAM-UTAMA, program-utama disini menunjukan nama dari divisi
program.
Ø Perform
merupakan perintah untuk menampilkan pemasukan- nilai-siswa yang akan diinput, hal
ini sama dengan perintah perform selanjutnya.
Ø Verying
N From 1 by 1 until N >10. Maksudnya adalah perintah program untuk melakukan
looping sebanyak N satu demi satu sampai dengan N. karena tadi sudah memakai
OCCURS sampai 10 kali, maka setelah 10 kali looping dengan sendirinya program langsung
mengeluarkan output.
Ø Display
hapus layar, ketika kita selesai input nilai , maka sebelum output uncul layar
akan dibersihkan terlebih dahulu, sehingga output muncul pada layar yang baru.
Ø Stop
Run, untuk menghentikan program.
Ø Untuk
menampilkan pada output pemasukan-nilai-siswa.
Digunakan Display. Dan ACCEPT adalah variable untuk memanggil kembali
nilai-nilai yang diinput sehingga muncul sesuai dengan DISPLAY yang dibuat .
Ø Display
Space di gunakan untuk memberi jarak pada tampilan output.
OUTPUT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar