Selasa, 05 November 2013

Program dengan Varying pada COBOL

KODING PROGRAM COBOL DENGAN MENGGUNAKAN VARYING




LOGIKA PROGRAM

Ø Identification division digunakan untuk mengidentivikasi program atau menunjukan informasi mengenai program yang dibuat.
Ø Program-ID. Tabel1 menunjukan nama program yang dibuat, yaitu Tabel1.
Ø Environment Division memberikan informasi  tentang peralatan yang akan digunakan dalam program cobol.
Ø Data Division menunjukan bentuk dan jenis data pada program.
Ø Working storage section merupakan pemesanan tempat untuk  data proses dan juga output.
Ø 77 N PIC 99 . meksudnya : angka 77 menunjukan bahwa data yang dibuat akan berdiri sendiri , ketika ditambahkan dengan PIC 99 maka data output yang akan keluar berupa numeric.
Ø 01 Tabel-Nilai-Siswa itu menunjukan nama divisi dari program yang dibuat.
Ø 02 Nilai-Siswa menunjukan sub divisi dari program, PIC 999 menunjukan bahwa jumlah integer yang bisa dimasukkan hanya bisa sampai batas 999 saja, kemudian OCCURS itu merupakan batas perulangan. Pada program ini tertulis OCCURS 10 Times, berarti batas perulangannya adalah 10 kali, setelah 10 kali memasukan nilainya maka program akan menunjukan outputnya. Jika belum sampai 10 kali maka program akan terus meminta memasukkan nilainya.
Ø SCREEN SECTION digunakan  untuk menghapus layar, Sub sivisinya berupa BLANK SCREEN , maka layar akan dibersihkan secara total , atau kembali menjadi layar kosong.
Ø PROCEDURE DIVISION, merupakan inti dari pemprograman bahasa cobol. Pada program ini tertulis PROGRAM-UTAMA, program-utama disini menunjukan nama dari divisi program.
Ø Perform merupakan perintah untuk menampilkan pemasukan- nilai-siswa yang akan diinput, hal ini sama dengan perintah perform selanjutnya.
Ø Verying N From 1 by 1 until N >10. Maksudnya adalah perintah program untuk melakukan looping sebanyak N satu demi satu sampai dengan N. karena tadi sudah memakai OCCURS sampai 10 kali, maka setelah 10 kali looping dengan sendirinya program langsung mengeluarkan output.
Ø Display hapus layar, ketika kita selesai input nilai , maka sebelum output uncul layar akan dibersihkan terlebih dahulu, sehingga output muncul pada layar yang baru.
Ø Stop Run, untuk menghentikan program.
Ø Untuk menampilkan pada output pemasukan-nilai-siswa.  Digunakan Display. Dan ACCEPT adalah variable untuk memanggil kembali nilai-nilai yang diinput sehingga muncul sesuai dengan DISPLAY yang dibuat .
Ø Display Space di gunakan untuk memberi jarak pada tampilan output.

OUTPUT




Tidak ada komentar:

Posting Komentar