Sabtu, 27 April 2013

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan




Suatu organisasi pendidikan akan menjalankan fungsi-fungsi operasi yang harus berjalan dalam organisasi tersebut untuk mencapai tujuan dari penyelenggaraan pendidikan itu sendiri. fungsi-fungsi operasi dalam organisasi pendidikan meliputi fungsi operasi akuntansi/ keuangan, kepegawaian, akademik/Kurikulum, administrasi perkantoran, proses kegitan belajar mengajar, gedung, alumni, perpustakaan, dll.
Manajemen Sistem Informasi Pendidikan (MSIP) adalah sistem yang didisain untuk kebutuhan manajemen dalam upaya mendukung fungsi-fungsi dan aktivitas manajemen pada suatu organisasi pendidikan. Jenis data dan fungsi-fungsi operasi disesuaikan dengan kebutuhan manajemen.
Proses penggunaan SIM Pendidikan dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan.
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan adalah sistem yang didisain untuk kebutuhan manajemen dalam upaya mendukung fungsi-fungsi dan aktivitas manajemen pada suatu organisasi pendidikan. Maksud dilaksanakannya SIM Pendidikan adalah sebagai pendukung kegiatan fungsi manajemen dalam rangka menunjang tercapainya sasaran dan tujuan fungsi- fungsi operasional dalam organisasi pendidikan.
Dengan adanya SIM Pendidikan, organissi pendidikan akan merasakan beberapa manfaat sebagai berikut:  Pertama, tersedianya sistem pengeloaan data dan informasi pendidikan. Kedua, terintegrasinya data dan informasi pendidikan untuk mendukung proses pengambilan keputusan. Ketiga, tersedianya data dan informasi pendidikan yang lengkap bagi seluruh stakholders yang bergabung dalam bidang pendidikan.
SIM Pendidikan digunakan oleh penggunanya sebagai alat bantu pengambil keputusan dan oleh pihak lain yang tergabung dalam inter-organizational information system sehingga organisasi pendidikan dapat berinteraksi dengan pihak berkepentingan (stakeholders). Nilai penting SIM Pendidikan adalah:
Sistem Informasi yang berbasis computer (computer-based information sistems) memungkinkan pendelegasian kegiatan rutin.
Teknologi informasi memungkinkan pengolahan data secara lebih akurat dan andal.
Pembuatan keputusan akan ditunjang dengan pilihan alternatif yang lebih objektif dengan data pendukung yang lengkap.
Monitoring dan evaluasi memerlukan penyerapan informasi secara cepat dan efisien.
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa MSIP sangat berguna dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan.
Jenis data yang biasa digunakan untuk kepentingan SIM Pendidikan yaitu :
Data Akuntansi/Keuangan
Data Kepegawaian
Data Akademik/Kurikulum
Proses KBM melalui pendekatan Student Centered Learningmelalui e-Learning
Data perpustakaan
Pengambilan keputusan
Manajemen informasi dalam pengambilan keputusan adalah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang tidak ditekankan untuk membuat keputusan, melainkan melengkapi kemampuan untuk mengolah informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan. Dengan kata lain, sistem pendukung keputusan membantu manusia dalam proses membuat keputusan, bukan menggantikan perannya dalam mengambil keputusan.
Dalam dunia pendidikan data- data yang diolah bersumber dari data siswa, data guru, data karyawan, data akademik, data perpustakaan, serta data administrasi.
Dari data- data tersebut nantinya akan diketahui informasi- informasi yang berguna bagi pihak yang membutuhkan. Diantaranya adalah informasi mengenai :
Berapa banyak jumlah siswa yang aktif  berdasar kelas , angkatan dan jurusan , alumni dari berbagai angkatan.
Berapa banyak guru  pengajar dan staff lainnya yang bekerja dalam sekolah tersebut, bagaimana kinerjanya.
Apakah kurikulum yang diajarkan sudah sesuai dengan yang  dianjurkan atau belum.
Bagaimana proses keuangan  pendidikan, dari mana saja sumbernya dan kemana saja dana tersebut dialokasikan .
Bagainama kondisi perpustakaan yang disediakan apakah sudah memadai, bisa memenuhi kebutuhan siswa akan buku-buku yang mereka cari,  dan dapat pula mengetahui berapa persen banyak siswa yang aktif mengunjungi perpustakaan tersebut.
Sehingga pada akhirnya dari informasi – informasi tersebut dapat diambil sebuah keputusan oleh pihak atasan apa yang harus dibenahi / ditingkatkan lagi maupun , di perbaharui lagi sistem manajemennya sehingga proses pendidikan di tempat ini dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan standar pendidikan yang dianjurkan.














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar